Posted by Bumi Setia Produk Desa

Karang Taruna Manfaatkan Kain Perca Menjadi Keset

“Kain perca, ini hanya sampah… buang saja!!!”

Ini mungkin kalimat yang kita atau sebagian besar orang ucapkan apabila melihat potongan-potongan kain limbah tukang jahit/konveksi yang sudah tidak dipakai lagi atau bisa disebut juga kain perca. Tetapi tidak untuk di desa kami.

Melalui tangan-tangan terampil pemuda pemudi Karang Taruna Tunas Jaya yang dipelopori oleh Saudara Upieck Saputra selaku seksi kewirausahaan, limbah kain atau kain perca ini disulap dan dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan yang bernilai ekonomis yaitu keset.

Ide ini muncul bermula dari obrolan sebagian anggota yang memang ingin sekali membuat sebuah perubahan di dalam kemajuan organisasi. Akhirnya, dengan duduk bersama muncullah ide untuk membuat Keset dengan memanfaatkan kain perca. Karena memang kebetulan Saudara Upieck ini adalah seorang pengusaha ghorden yang membuatnya sendiri dibantu dengan dua buah mesin jahit, sehingga di rumahnya banyak sekali kain perca yang menumpuk.

Kegiatan ini baru dimulai beberapa minggu terakhir dan baru beberapa orang anggota yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan keset tersebut. Akan tetapi, kegiatan ini akan ditindak lanjuti secara serius sehingga untuk kedepannya bisa lebih berkembang dan bisa menjadi produk karang taruna yang bisa menyebar luas.

Tidak menutup kemungkinan dengan seringnya berkumpul dan belajar bersama akan mendapat inspirasi dan ide-ide lain sehingga tidak hanya sebatas produk keset ini saja yang dihasilkan, tetapi produk-produk lain yang bisa menjadi ciri khas organisasi ini sendiri, sehingga organisasi karang taruna Tunas Jaya yang di diketuai oleh Saudara Ardian Susandi ini bisa lebih maju.

Tags:

About Author

Kampung Bumi Setia terletak di wiayah Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung