Posted by Bumi Setia Produk Desa

Usaha Manggleng Menggunakan Teknologi Tepat Guna

Ketika menyebutkan kata manggleng, mungkin banyak orang yang belum familiar dengan bahasa ini. Manggleng adalah sebuah makanan ringan berbahan dasar singkong.

Nama lain dari makanan ini adalah “Krecek”. Manggleng atau krecek adalah sebuah makanan ringan berbahan dasar singkong yang direndam terlebih dahulu kemudian direbus dan selanjutnya diiris tipis-tipis. Setelah itu, dijemur diterik matahari sampai benar-benar kering untuk selanjutnya diberi bumbu dan digoreng.

Makanan ini menjadi cemilan favorit karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut dan renyah. Proses pembuatannya pun cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Dari bahan mentah sampai menjadi makanan yang siap dikonsumsi membutuhkan waktu 1 hari semalam.

Produsen manggleng atau krecek ini bernama Sutiyo bersama istrinya Sri Wahyuni yang bertempat tinggal di Dusun 6 Bumi Indah RT. 016 Kampung Bumi Setia Kecamatan Seputih Mataram. Beliau mulai memproduksi manggleng ini sejak 5 tahun yang lalu. Bermula dari coba-coba Ibu Sri Wahyuni membuatnya sendiri untuk cemilan, kemudian Dia mencoba membuatnya untuk dititipkan di sekolah SD, tidak banyak hanya 10 bungkus. Ternyata, makanan ini sangat digemari dan penjual di sekolah pun meminta Ibu Sri ini untuk membuat lebih banyak lagi. Berawal dari itu, akhirnya Bapak Sutiyo dan Istrinya bertekad untuk mengembangkannya lagi dan sampai saat ini usahanya bisa dikatakan maju, karena dalam sehari bisa memproduksi 2 karung singkong atau kurang lebih 45 kg Manggleng siap konsumsi.

Proses produksinya sudah termasuk maju karena sudah menggunakan teknologi tepat guna yaitu menggunakan bantuan mesin untuk memotong/mengiris singkong menjadi tipis-tipis yang dirakitnya sendiri. Produksi manggleng ini juga membantu para tetangga yang tidak memiliki pekerjaan, karena usahanya ini juga menyerap tenaga kerja. Bapak Sutiyo memiliki 4 orang tenaga kerja. Satu orang untuk mengupas singkong, satu orang untuk menjemur singkong, satu orang untuk menggoreng dan satu orang untuk mengepak (Packing).

Tags:

About Author

Kampung Bumi Setia terletak di wiayah Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung